Tradisi Megengan Jelang Ramadhan, Siswa KB TK YIMI Gresik Hias Kentongan

Gresik – Puluhan siswa Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Malik Ibrahim (YIMI) menggelar tradisi Megengan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H di halaman sekolah.

Gresik – Puluhan siswa Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Malik Ibrahim (YIMI) menggelar tradisi Megengan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H di halaman sekolah yang berada di Jalan Keramat Langon, Pulopancikan, Gresik. Kamis (31/3).

Menariknya, dalam kegiatan tersebut, para siswa menghias kentongan alat sahur. Cara ini dilakukan dengan tujuan memupuk semangat para siswa-siswi agar lebih aktif dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan. Salah satunya membangunkan orang sahur.





yimi gresik

Didampingi para guru, siswa-siswi menghias kentongan alat sahur dengan menempelkan hiasan warna warni dari kertas warna di kentongan. Mereka pun tampak menggunakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, berdoa dan makan bersama selama melakukan tradisi Megengan itu.



Kepala Sekolah KB TK YIMI Kristantin menyampaikan, peringatan Megengan ini secara rutin dilakukan jelang Ramadhan. Tujuannya, adalah mengajak siswa memahami tentang tradisi Megengan, yang artinya menahan sebagaimana makna puasa ramadhan juga menahan. Menahan lapar mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam.

“Tradisi ini sebagai tanda akan datang Bulan Ramadhan,” ucapnya, Kamis (31/3).

Menghias kentungan dalam tradisi Megengan ini, sambung Kristanti, dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Semuanya tampak antusias dan senang memukul kentongan yang sudah dihiasi.

“Kentongan ini untuk memotivasi anak-anak untuk lebih aktif ibadah di Bulan Ramadhan. Membangunkan ibadah sahur juga termasuk ibadah,” jelasnya.