Pembelajaran Era Pandemi

GRESIK – Pembelajaran di era pandemi tidak menghambat semangat tenaga pendidik dalam melakukan pembelajaran.

GRESIK – Pembelajaran di era pandemi tidak menghambat semangat tenaga pendidik dalam melakukan pembelajaran. Termasuk untuk guru di TK YIMI Gresik. Para guru terus berinovasi untuk mempermudah para siswa dalam proses pembelajaran. Mereka melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) juga luring (luar jaringan). Kepala sekolah TK YIMI Gresik, Kristantin, S.Pd. mengatakan bahwa para guru memanfaatkan berbagai aplikasi untuk pembelajaran. Diantaranya zoom meeting, WA grup, video call, dan voice note. Untuk daring biasanya berdurasi 45 menit sampai satu jam sekali dalam seminggu.

Adanya daring membuat murid senang karena bisa berinteraksi dengan teman-temannya. Guru TK YIMI Gresik juga membuat sendiri video pembelajaran. Video ini dikirim ke para murid untuk dipelajari dan dipraktikan. Seperti belajar melipat, mewarnai, menggambar dan sebagainya. Para murid akan diberi tugas untuk memantau perkembangannya. Seperti membuat video ketika menggambar, melipat, menghafal surat dan lainnya.

Kristantin menuturkan bahwa murid yang mengalami kesulitan akan dibantu. Dengan mendatangkan guru kerumah siswa (home visit). Seperti yang dialami seorang wali murid, Ida Nur Aisyah. “Jadi selama seminggu yang ditunggu hari senin. Karena pembelajaran home visit. Dia ketemu sama ustadzahnya, dia happy,” ujar Ida Nur Aisyah. Berbeda dengan Siti Wikoyatun, wali murid TK YIMI. Ia menuturkan bahwa pembelajaran yang diusung para guru sangat membantu. “Jadi orang tua punya panduan, tidak bingung mau ngapain. Materi diupdate setiap hari. Lengkap dengan video dan tutorial.

Anaknya juga semangat sekali, setiap malam selalu bertanya besok tugasnya apa karena gurunya selalu mengapresiasi tugasnya dengan dikasih jempol dan pujian,” imbuhnya. Sementara itu dalam persiapan pembelajaran tatap muka, TK YIMI tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Setiap kelas akan dibagi atas beberapa grup. Pertemuan hanya akan dilakukan setidaknya dua hari dengan durasi satu sampai dua jam. (DELA)