Keutamaan Bersedekah Bagi Muslim

Islam sebagai Agama Rahmatan Lili ‘Allamin tidak aja mengajarkan beribadah kepada Allahsaja, akan tetapi berhubungan kemasyarakatan tidak kalah pentimngnya diajarkan dalam Islam. Hubungan sesama manusia peran penting dalam meraih ridho Allah. (QS. Al-Alaq: 1-5)

Islam sebagai Agama Rahmatan Lili ‘Allamin tidak aja mengajarkan beribadah kepada Allahsaja, akan tetapi berhubungan kemasyarakatan tidak kalah pentimngnya diajarkan dalam Islam. Hubungan sesama manusia peran penting dalam meraih ridho Allah, sebagai contoh kecil bakti kita pada orang tua menjadi jalan menggapai ridho ilahi, yang mana sudah termaktub dalam Hadist, “Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah tergantung murka orang tua” (HR. Al Hakim).

Salah satu ajaran islam yang berkaitan dengan anyat manusia adalah bersedekah, sedekhah menjadi salah satuaset penting bagi nabusia hidup di dunia, karena ketika mati sedekah inilah yang akan menolong kita di hari akhir. Sebagaimana DALAM HADIST RIWAYAT Imam Muslim yang artinya ; “Apabila anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini:sedekah jariyah, ilmu bermanfaat dan doa anak yang Sholih”. Meskipun sedekhah aset penting kita selama hidup di dunia, namun beberapa orang takut akan berkurangnya harta mereka ketika bersedekhah, inilah salah satu bujuk rayu dan bisikan-bisikan setan yang tidak ingin manusia mendapatkan keutamaan bersedekhah. Dalam hadist diterangkan bagaimana harta yang disedekahkan tidak akan berkurang akan tetapi malah akan bertambah. Seperti firman Allah dalam surat al-hadid ayat 18,yang artinya:”Sesungguhnya prang-orang yang bersedekah baik laki-laki atau perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang bayak”, yakinkan dan iklaskan bahwa sedekhah yang kita keluarkan akan kembali kepada kita berlipat-lipat tanpa kita duga. Tidak perlu berfikir seberapa banyak harta yang bisa kita sedekahkan, tapi yang terpenting adalah keikhlasan kita dalam bersedekhah serta semangat kita dalam menolong sesama.

Dari keterangan di atas dapat dosimpulkan bahwa banyak sekali manfaat yang kita peroleh apabila kiya menyisihkan sebagian harta kita di jalan Allah. Diantara keutamaan bersedekah antara lain :

  • Harta Menjadi Lebih Berkah, Rasuullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Harta tidak ajan berkurang dengan sedekhah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim)

  • Menghapus Dosa, Rasuullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :”Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tarmidzi)

  • Mendapat Naungan di Hari Akhir, Rasuullah shallallahu’alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan pada hari dimana ketika itu tidak ada naungan lain selain fari Allah, yaitu hari akhir. Salah satunya jenis manusia yang akan mendapatkannyaadalah : “Seorang uang bersedekhah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahuiapa yang disedekhahkan oleh tangan kanannya.: (HR. Bukhari)

  • Tesedia pintu surga Khusus Bagi Orang Yang Bersekah ”Orang memebrikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarolah untuk menuju kenikmatan”. Jika i berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan di[anggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan di panggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhato Muslim)

  • Membebaskan Dari Siksa Kubur dan Api Neraka, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Tabrani):Jauhilah api neraka, walaupun hanya bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Bukhari Muslim)

  • Pahala terus berkembang sabda Nabi Muhammad SAW: “Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung uhud” (HR. Tirmidzi)

  • Mendatangkan Kelapangan Dada dan Kebahagiaan, sabda Nabi Muhammad SAW: “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihatdan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari). Bersedekah tidak harus dengan harta atau uang yang kita miliki, gaei hal-hal sederhana pun kita bisa bersedekah, selalu memeberikan senyum keoada sesama juga termasuk sedekah yang murah dan bisa dilakukan siapapun. Bahkan dengan membantu menyelesaikan permasalahan orang lain juga termasuk sedekah. Ayo kita bersedekah mulai dengan hal kecil di sekitar kita.

AbdurohimRomadjoni,S.Pd.I
Staf Pengajar SMP YIMI